Pada 25 September 2018 telah diluncurkan aplikasi web based e-Office Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Universitas Sebelas Maret oleh UPT Kearsipan UNS yang di modifikasi dari aplikasi SIKD Arsip Nasional Republik Indonesia. Peluncuran aplikasi tersebut tidak hanya melibatkan unit UPT Kearsipan saja, namun membentuk sebuah tim pengembangan SIKD yang mana membantu proses regulasi dan penyelarasan serta adaptasi ke Universitas Sebelas Maret. Tim SIKD terdiri dari UPT Kearsipan UNS yang bekerjasama dengan Bagian Umum, UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Tim Pengembangan Sumberdaya Manusia & Remunerasi. Universitas Sebelas Maret terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah dan dapat dirasakan manfaatnya oleh user maupun stakeholder. Upaya-upaya ini telah membuahkan sebuah sistem tata persuratan dengan menerapkan kaidah kearsipan yaitu SIKD. Pada tanggal 25 Juli 2019 telah diluncurkannya e-Office SIKD Mobile, maka dari  itu diharapkan aplikasi SIKD mampu memberikan pelayanan Kearsipan Dinamis Aktif (Korespondensi) yang terotomasi serta memberikan manfaat-manfaat positif lainnya.

SIKD

 

Sesuai Instruksi Rektor UNS Nomor 01/UN27/HK/2018 tentang Penerapan Aplikasi e-Office Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Lingkungan UNS, aplikasi SIKD dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan kearsipan dinamis di Lingkungan Universitas Sebelas Maret sesuai perkembangan teknologi informasi melalui aplikasi e-Office SIKD dengan mengintruksikan kepada:

  1. Pejabat eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV;
  2. Tata Usaha/Sekretaris/Admin Dekanat/Admin KTU/Admin Prodi;
  3. Pencatat Surat Masuk dan Pencatat Surat Keluar;
  4. Pengelola Surat/Arsiparis/Petugas Arsip;dan
  5. Administrator e-Office SIKD.

PESERTA

Pengimplementasian aplikasi SIKD yang telah berjalan selama satu semester ini memberikan dampak yang beragam dan cukup positif diantaranya hingga mampu memberikan kemudahan user untuk melacak surat secara cepat. Maka dari itu Tim SIKD UNS terus berproses untuk mengembangkan aplikasi e-Office SIKD. Pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 telah dilakukan Evaluasi hasil Implementasi/penerapan aplikasi e-Office SIKD UNS selama 6 bulan penggunaan. Target utama evaluasi untuk pertama kali ditargetkan pada pelaksana teknis dan kasubbag di unit kerja dengan mengundang narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Bapak Tasdik Eko Pramono, S.Kom., MT Pranata Komputer Muda Pusat Data dan Informasi Direktorat Kearsipan Pusat ANRI.

PAK TASDIK

Beliau menyampaikan materi evaluasi implementasi aplikasi SIKD tingkat Nasional jika nantinya SIKD akan mampu menjadi basis simpul jaringan kearsipan di seluruh lembaga pemerintahan, tak terkecuali Perguruan Tinggi Negeri. Target Nasional SIKD akan masuk kedalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (Red/1)

Kebijakan dan Peraturan

Tata kelola kearsipan Universitas Sebelas Maret mengacu pada kebijakan dan peraturan berikut:

Selengkapnya »

Link Terkait

Universitas Sebelas Maret

Arsip Nasional Republik Indonesia


© Arsip UNS 2015