Sesuai Peraturan Rektor No. 21 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Kearsipan Pasal 47 pengelolaan arsip statis di lingkungan Universitas dilaksanakan oleh Unit Kearsipan I atau Unit Pelaksana Teknis Kearsipan Universitas terhadap arsip statis yang diserahkan oleh Unit Kearsipan II di lingkungan Universitas dan civitas akademika. Prosedur akuisisi arsip statis dapat dilakukan dengan melakukan verifikasi arsip statis dan penerimaan arsip statis.

Verifikasi dan persetujuan dari Kepala Unit Kearsipan I atau Unit Pelaksana Teknis Kearsipan Universitas agar dapat di akuisisi.

Penerimaan arsip harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Arsip diterima dengan aman, tepat, lengkap, dan jelas terbaca;
  2. Arsip dianggap sah diterima setelah sampai pada petugas penerima arsip yang berwenang;
  3. Arsip dianggap sah diterima setelah sampai pada penerima yang berhak, dan penerimaan arsip itu harus didokumentasikan dengan cara registrasi oleh unit yang membawahi fungsi persuratan untuk kemudian ditindaklanjuti oleh unit kerja/unit pengolah/unit pencipta arsip; dan
  4. Pendokumentasian penerimaan arsip dilakukan oleh arsiparis atau pengelola arsip atau pengadministrasi umum untuk dipelihara, disimpan, dan digunakan.

LPPM

Pada hari Jumat, 2 Agustus 2019 telah dilakukan akuisisi dan penerimaan arsip statis di UPT Kearsipan UNS oleh Unit Kearsipan II LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Penyerahan secara langsung oleh Arsiparis LPPM Ibu Ida Nurcahyo, S.Sos beserta staf LPPM lainnya kepada Kepala UPT Kearsipan Inu Yani Maryudiasti, S.Sos. Prosedur penyerahan diawali dengan penandatanganan berita acara penyerahan arsip statis oleh kedua belah pihak. Setelah penandatanganan Berita Acara penyerahan arsip dilanjutkan dengan penyerahan daftar arsip statis dan fisik arsip dalam boks arsip. Arsip statis yang diserahkan berupa Proposal Penelitian dan pengabdian Masyarakat tahun 2014 sebanyak 24 Boks Arsip.

BOKS

 

Kebijakan dan Peraturan

Tata kelola kearsipan Universitas Sebelas Maret mengacu pada kebijakan dan peraturan berikut:

Selengkapnya »

Link Terkait

Universitas Sebelas Maret

Arsip Nasional Republik Indonesia


© Arsip UNS 2015