Setiap perguruan tinggi yang tercipta selalu menciptakan arsip. arsip yang berguna bagi keberlangsungan perguruan tinggi negeri maupun swasta, hal ini tertuang dalam UU no 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Universitas Sebelas Maret merupakan perguruan tinggi negeri dibawah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang pada tahun 2012 UNS telah mengeluarkan pedoman penyelenggaraan kearsipan guna terciptanya penyelenggaraan kearsipan yang baik. selain itu UNS telah mengeluarkan pedoman Tata Naskah Dinas tahun 2016, Klasifikasi Arsip dan JRA tahun 2012.

Dengan adanya revisi tentang Klasifikasi Arsip, JRA, dan SKKAA yang dibuat oleh Kemenristekdikti dan dikawal oleh ANRI maka terciptalah Peraturan Kmenristekdikti No 23 Tahun 2018 tentang Klasifikasi Arsip, JRA, dan SKKAA di lingkungan Kemenristekdikti dan lingkungan Perguruan Tinggi. setelah resmi keluar peraturan tersebut, UNS menanggapi dan langsung merespon adanya hal tersebut dan pada tanggal 7 November 2018 Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Workshop Sinkronisasi Klasifikasi Arsip, JRA dan SKKAA Universitas Sebelas Maret, dengan menghadirkan narasumber dari ANRI yaitu Dra. Sulistyowati, MM Kepala Subdirektorat III ANRI. workshop tersebut dilaksanakan pada Ruang Giripurna UNS Inn dengan 40 peserta yang merupakan arsiparis dan pengelola arsip di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Tindak lanjut dari acara tersebut adalah membuat tim kecil untuk mengkaji ulang tentang peraturan tersebut agar sesuai dan dijalankan di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Kebijakan dan Peraturan

Tata kelola kearsipan Universitas Sebelas Maret mengacu pada kebijakan dan peraturan berikut:

Selengkapnya »

Link Terkait

Universitas Sebelas Maret

Arsip Nasional Republik Indonesia


© Arsip UNS 2015