Penyelenggaraan Workshop Pengembangan Aplikasi SIKS dilaksanakan dalam rangka pengenalan aplikasi berbasis web untuk pengelolaan arsip statis di UNS, dan sebagai tindak lanjut Memorandum of Understanding pada 30 Juni 2015 antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) tentang Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS) berbasis web-based application. Acara tersebut berlangsung di ruang Giripurna UNS Inn dengan mendatangkan narasumber Pranata Komputer Muda ANRI Tasdik Eko Pramono, S.Kom., MT dan peserta workshop yang meliputi arsiparis serta pengelola arsip pada unit kerja di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

UPT Kearsipan sebagai Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Sebelas Maret terus melakukan branding serta mengikuti perkembangan teknologi informasi kearsipan yang semakin terdepan sesuai dengan misinya yaitu untuk menyelamatkan arsip bernilai guna permanen/statis sebagai sumber informasi dan pengetahuan.

Tujuan diadakan workshop tersebut untuk mengenal dan menggali lebih dalam tentang fungsi dari SIKS. Dengan Aplikasi SIKS UNS akan meningkatkan kualitas pelayanan, membantu menangani pengelolaan arsip statis di lingkungan lembaga kearsipan serta menyajikannya, sehingga nantinya data statis yang dimiliki dapat diakses oleh masyarakat.Penggunaan aplikasi SIKS ini juga turut membantu melestarikan arsip statis yang bersifat selamanya atau permanen.

Workshop tersebut juga membahas tentang pedoman pengolahan arsip statis dan layanan arsip statis yang disampaikan oleh arsiparis-arsiparis Universitas Sebelas Maret yaitu Nike Sri Sunanrni, S. Mn dan Puji Arya Yanti, A. Md. dalam materi yang disampaikan bahwa Aplikasi SIKS ini mempunyai 4 pilar atau komponen pendukung yaitu akuisisi arsip, pengolahan arsip statis, preservasi, dan akses/layanan arsip statis. Meskipun tugas pengelolaan arsip statis berada sepenuhnya di UPT Kearsipan, namun peran unit kerja seperti Lembaga, Fakultas, UPT dll sangat dibutuhkan untuk andil dalam melaksanakan pengelolaan arsip statis di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Mengingat 2 minggu yang lalu, pada tanggal 25 September 2018 Rektor uns secara resmi meluncurkan e-Office SIKD UNS. diharapkan SIKS UNS dapat diresmikan dan diterapkan di lingkungan Universitas Sebelas Maret pada tahun 2019 mendatang.

 

Kebijakan dan Peraturan

Tata kelola kearsipan Universitas Sebelas Maret mengacu pada kebijakan dan peraturan berikut:

Selengkapnya »

Link Terkait

Universitas Sebelas Maret

Arsip Nasional Republik Indonesia


© Arsip UNS 2015