Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakati nota kesepahaman aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS), Selasa (30/6/2015). Berlangsung di ruang sidang IV Kantor Pusat dr. Prakosa, penyerahan aplikasi SIKS ini langsung diserahkan Sekretaris Utama ANRI, Gina Masudah Husni kepada Wakil Rektor IV UNS Surakarta, Widodo Muktiyo.

Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS) merupakan aplikasi yang dikembangkan ANRI untuk membantu menangani pengelolaan arsip statis di lingkungan lembaga kearsipan serta menyajikannya untuk dapat diakses oleh masyarakat.

Aplikasi SIKS memungkinkan data statis yang dimiliki UNS dapat diakses umum. UNS juga menjadi bagian dari jaringan kearsipan nasional. Sehingga masyarakat umum dapat melilihat perkembangan UNS dilihat dari kearsipannya. Sebagai aset publik, arsip harus disajikan untuk masyarakat dan institusi yang memilikinya wajib membagi kepada masyarakat.

Jenis-jenis arsip yang dimiliki perguruan tinggi antara lain; pengembangan kelembagaan, program dan evaluasi, kerjasama antar lembaga, registrasi mahasiswa, kurikulum, tugas akhir, penetapan kelulusan, ijazah dan transkrip, data alumni, prestasi mahasiswa, dan berkas perorangan mahasiswa.

Menurut Tasdik Pramono, pengembang aplikasi SIKS , arsip-arsip statis yang dimiliki sebuah institusi kebanyakan tidak tertata dan tidak terurus. Dengan aplikasi SIKS ini, arsiparis terbantu untuk menata arsip statis sehingga mudah dicari kembali bila suatu saat dibutuhkan. Tasdik menambahkan, prinsip dasar aplikasi ini seperti mesin pencari google, dengan mengetikkan kata kunci, pencari data dapat mengakses dengan cepat. Penggunaan aplikasi SIKS ini juga turut membantu melestarikan arsip statis yang bersifat selamanya karena pencari data tidak perlu memegang langsung arsip statis tersebut, cukup arsip statis berupa soft data yang tersimpan di SIKS. [] (nana.red.uns.ac.id)

 

sumber: uns.ac.id

Kebijakan dan Peraturan

Tata kelola kearsipan Universitas Sebelas Maret mengacu pada kebijakan dan peraturan berikut:

Selengkapnya »

Link Terkait

Universitas Sebelas Maret

Arsip Nasional Republik Indonesia


© Arsip UNS 2015